Kamis, 23 Oktober 2014

isi kandungan surah al hujarat ayat 10



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, saya  ucapkan  kehadirat  Allah  SWT, karena  atas  rahmat  serta  hidayah-Nya kami  dapat  menyelesaikan  tugas Makalah  yang berjudul “ ISI PEMBAHASAN TENTANG Q.S AL HUJARAT/49:10’’.
Walaupun  masih  banyak  kekurangan  dalam  penulisan  makalah  ini, namun  penulis berharap  agar makalah  ini  dapat  dipergunakan  dan  di manfaatkan  baik di dalam sekolah atau diluar sekolah. Dalam  melaksanakan  makalah   ini  banyak pihak yang terlibat dan membantu sehingga dapat menjadi satu  makalah  yang  dapat  di baca  dan dimanfaatkan .
            Akhirnya kritik dan saran yang membangun sangat  saya  harapkan.  Akhir  kata  semoga  laporan makalah ini dapat  bermanfaat  bagi  kami khususnya  dan  bagi  para pembaca  umumnya . Sekian dari saya mengucapkan terima  kasih .


BENGKALIS 2014-10-19




DAFTAR ISI
COVER............................................................................................................................. 1
KATA PENGANTAR..................................................................................................... 2
DAFTAR ISI.................................................................................................................... 3
BAB I................................................................................................................................ 4
A. AYAT Q.S ALHUJARAT AYAT 10 DAN TERJEMAHANNYA............ 4
 B. ISI KANDUNGAN SURAH QS.AL HUJARAT /49: 10........................... 4
B. KONSEP PERSAUDARAAN........................................................................ 5
D. MANFAAT PERILAKU PERSAUDARAAN ( UKHUWAH ).................. 7
E. PENERAPAN PERILAKU PERSAUDARAAN ( UKHUWAH ) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI..................................................................................................................... 8


BAB I
A. AYAT Q.S ALHUJARAT AYAT 10 DAN TERJEMAHANNYA
 
ARTINYA
“ Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

 B. ISI KANDUNGAN SURAH QS.AL HUJARAT /49: 10
A.           Sebagai mahluk sosial, umat islahm dalam kehidupan sehari hari tidak dapat terlepas dari komunikasi dengan mausia lainyya, baik yang beragama islam, maupun yang non islam . Terhadap orang yang non islam, umat i slam perlu sentiasa berbuat baik . Sedangka terhadap sesama muslim yang diikat oleh tali keimanan yang sama, umat islah haruslah bersaufar.
B.            Cara bersaudara bagi ornag orang beriman deduai qs.al hujarat/49:10, adalah sebagai berikut.
Ø Setiap oran gyang beriman adalh ssaudara kita, sehinggga kita wajib meng hapus batas batas wajib menghapus batas batas perbedaan suku, ras,bahasa,budaya, bangsa dan sejenisnya.
حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ
Artinya
"Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". (Riwayat Muslim)
Ø Terhadap saudara, kita wajib menunaikan hak-hak nya secara adil.

Ø Bentuk menunaikan hak-hak sebagi saudara di umpamakan seperti tubuh adalah kit sling ikut merasakn dalam kesenangan dan saling membantu dalam kesedihan. Hal tersebut sesuai dengan sabda rasulullah saw.;

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِيْ تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى
Artinya
“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih, sayang dan kecenderungan jiwa (simpati) seperti perumpamaan jasad/tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit maka seluruh tubuh akan merasakannya, yaitu tidak bisa tidur dan (sakit) demam”. (HR Ahmad, Baihaqi, Muslim, Thabrani dan Qudha‘i. Adapun lafazh hadits menurut riwayat Imam Muslim)

Ø Saling mendukung,membela, dan melindungi dalam hal kemanusiaan
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا
Orang mukmin bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. (HR Abu Ya‘la, Ahmad, Bukhari, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Hibban, Muslim, Nasa’i, Thabrani, Tirmidzi dan Qudha‘i )

Ø Terhadap saudara, kita wajib saling membantu dan asing meringankan kesulitan hal tersebut sesuai sabda nabi muhammad saw.
“barang siapa yagn menghilangkan kesusahan seorang muslim, niscaya allah akan menghikangkankesusahannya di hari kiamat. Barang siapa menutup aib muslim, niscaya allah akan menutup aibnya dihari kiamat. Allah sentiasa menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya.( H.R muslim.)
Konsep semnangat ukhuwah
B. KONSEP PERSAUDARAAN
Semangat ukhuwah
Memahami konsep semangat ukhuwah
Ukhuwah atau yang labih di kenal sebagai persaudaraan yang artinya persahabatan yang erat. Persahabatan yang erat mengandung pengertian seperti perkawanan yang kuat, sehingga tidak mudah lepas/putus.
Perilaku semnagrat ukhuwah
Persaudaraan yang erat sidebut juga sebagai persahabatan yang sejati. Persaudaraan seperti ini tiak di dasarkan kepada keturunan, suku, bahasa, bentuk fisik, latar belakang keluarga, kedudukan, pangkat, dan derajat. Sebaliknya  persaudaraan iini di dasarkan pada hati atu keimanan dan perilaku atau amal perbuatan. Persaudaraan sepertu inilah yang perlu sdilakukan, sehingga persaudaraan itu bersifat permanen. Allah tidak akan pernah melihat bentuk fisik , harta dan keduduakan manusia, sebaliknya allah hanya akan melihat hati dan amal perbuatan manusia. Nabi muhammad saw bersabda:
Keberadaan kaum muslimin antara satu dengan yang lainnya adalah sama. Kesamaan itu bagaikan jari-jari sehingga uamt islam yang stu dengan yang lainnya tidak ada yang lebih utama, kecuali dalam hal takwa . Dalam islam tidak pernah ada larangan bahwa orang miskin dilarang bergaul dengan orang kaya , orang miskin menikahi seorang gadis yagn merupakan anak orang kaya,  dan tidak ada halangan bagi kaum yang lemah untuk mendapatkan jabatan penting dalam pemerintahan atau kedudukan tertinggi dalam militer. Dengan demikian, keistimewaan islam akan tetap tampak dalam pembangunan masyarakat yang kuata dan kokoh diatas fondasi keimanan, ksih sayang, dan solidaritas sosial. Sebaliknya , bukan dengan dasar meninggalkan kehancuran.
 di dalam melakukan dakwah islam di madinah, nabi muhammad saw. Meneparkan beberapa strategi. Salah satu strategi itu adalah mempersaudarakan antara kaum muhajirin dan kaum anshor.
Strategi ini sangat penting untuk di lakukan nabi ketika melakukan dakwah di madinah. Mengapa ini dipandang sebagai suatu strategi yang sangat penting? Sebagaiman di ketahui bahwa nabi bersama para sahabat dari mekah datang ke madinahadalah sebagai pendatang baru. Sebagai pendatang baru, nabi dan para sahabat memiliki problematika sosial dan ekonomi, sehingga membutuhkan bantuan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup, mata pencarian dan tempat tinggal. Ini semua di lakukan nabi dengan tujuan utama agar misi dakwah islam dapat berhasil dengan mudah. Kalau ada rintangan, rintangan tersebut tetap memberikan hikmah yang sangat berharga bagi umat islam.
Nabi muhammad saw. Mempersaaudarakan antara kaum anshor dan kaum muhajirin, dengan tujuan agar umat islam tidak mudah di provokasi dan di pecah belah karena beberapa alasan, di antaranya sebagia berikut.
    1.                             Umat islam bersama nabi dalam melakukan hijrah ( dalam jarak sekitar 500 m ) dan sekaligus menetap di madinah tidak membawa dan tidak memiliki apa apa. Mereka hanya membawa bekal secukupnya karena hijrah si lakukan scara sembunyi-sembunyi. Hanya umar bin khattab yang melakiukan hijrah secara terang terangan . Padahal umat islam di madinah mambutuhkan tempat berlindung dan pekerjaan guna memenuhi kehidupan sehar-hari.
    2.                             Kaum musyrikin di madinah masih menyimpan rasa dendam dan permusuhan kepafa nabi dan kaum muhajirin. Mereka berpura-pura masuk islam, tetapi mereka barbuat kekufuran dan makar. Mereka memenfaakan anak-anak kecil dan orang-orang bodoh dari kalangan kaum dari kalangan kaum muslimin sebagai kaki tangan dlam melakssanakan rencana busuk meraka.
    3.                             Kaum yahudi dan bani qainuqa, bani nadhir, dan bani quraizhah yang selalu membangga-banggakan bangsanya , selalu mengajek orang-orang arab yang telah masuk islam dengan ejekan yang sangat menyakitkan, suka menyebar isu, menyulut peperangan antara kauh aus dan khazraj  yang menyebabkan peperangan  berdarah mudah terjadi atara meraka.
Persaudaraan yagn di lakukan oleh rasullah saw. Antara kaum anshor dan kaum muhajirin adalah persaudaraan islam, yakni persaudaraan yang si lakukan atas nilai-nilaiajaran islam. Nilai nilai ajaran islam yang dijadikan sebagai pengikat dan perekat persaudaraan ini adalah adanya kesamaan iman. Sehingga persaudaraan tersebut sangat kokoh, dan bersama-sama nabi dalam mendakwahkan misi islam.
Proses persaudaraan tersebut terjadi pertama kali di rumah anas bin malik. Pada waktu itu jumla umat islam berjumlah 90 orang. 45 orang dari kaum anshor fan 45 oran dari kaum muhajirin. Rasulullah mempersaudarakan meraka dua-dua stu dari anshor dan satu dari muhajirin.
Berikut kaum muhajirin dna kaum anshor yang di persaudarakan antara lain :
1.             Rasulullah Dipersaudarakan Dengan Ali Bi Abi Thalib
2.             Hamzah Bi Abdul Muthalib Dipersaudarakan Dengan Zaid Bin Hritsah
3.             Abu Bakar As-Siddiq Di Persaudarakan Dengan Kharijah Abin Zaid
4.             Umar Bin Khatah Di Persaudarakan Dengan Itbah Bin Malik
5.             Ja’far Bin Abi Thalib Di Persaudarakan Dengan Muadz Bin Jabal
6.             Abdurrahman Bin Auf Di Persaudarakan Dengan Sa’ad Bin Rabi’
7.             Salman Di Persaudarakan Dengan Abu Darda
8.             Muawiyah Bin Abi Sufyan Di Persaudarakan Dengan Al-Hatta Al-Tamimi
9.             Mushad Bin Umair Dipersaudarakna Dengan Abu Ayyub Al Anshari
Kesamaan  islam dan iman sebagai tali perekat persaudaraan, mampu menumbuhkan semangat hidup  damai, rukun, saling menolong dan saling mencintai. Prinsip hidup damai dan rukun diwujudkan secara sungguh-sungguh, sehingga apabila terjadi perselisihan atau permusuhan diantar mereka, yang lain bersemangat  untuk mendamaikan sehingga keutuhan dan dan kekuatan tetap terpelihara kembali. Firman allah swt:
Selain mendamaikan yang berselisih, kaum anshor juga membantu mancarikan pekerjaan dan tempat tinggal untuk kaum muhajirin. Bahkan, bahkan tidak jarang kaum anshor memberikan pekerjaan dan tempat tinggal kepada kaum muhajirin dengan ikhlas. Kaum anshor melakukan melakukan semua itu benar-benar ikhlas tanpa pamrih.
Prinsip kaum anshor yang mencintai kaum muhajirin seperti mencintai adiknya sendiri ini benar-benar menunjukkan keimanan yang sempurna sebagaimana sabda nabi :
Perilaku kaum anshor terhadap kaum muhajirin merupakan perwujudan dari pertemuan persahabatan  yang tel lama di tunggu-tunggu. Sehingga kehadiran kaum muhajirin di madinah bagaikan bersatunya anggta tubuh lainyya. Hal demikian berlaku di dalam persoalan tanggung jawab dakwah, memenuhi kebutuhan hidup, kesulitan, kesedihan da n sejenisnya.
D. MANFAAT PERILAKU PERSAUDARAAN ( UKHUWAH )
1.                   Dapat memperbanyk teman dan saudara.
2.                   Dapat mebambah dan menjalin relasi yang lebih banyak lagi.
3.                   Dapat mempererat jalinan persaudaraan.
E. PENERAPAN PERILAKU PERSAUDARAAN ( UKHUWAH ) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Ukhuwah ( persaudaraan ) merupakan kekayaan manusia yang sangat mahal. Orang yang banyak saudranya, laksana banyak kekayaan . Sebaliknya orang yang selalu dibertikai dan bermusuhan, hidupnya menjadi sangat miskin. Mengapa demikian? Pepatah mengatakan seribu saudara terasa masih kurang, satu mudyuh terasa kebanyakan . Pepatah tersebut mengingatkan bahwa orng yang banyak saudaranya , hidup ini akan terasa damai, nyaman,dan bahagia. Sebaliknya, dengan adanya musuh, hidup ini menjadi terasa sempit dan tidak leluasa karena di selimuti oleh perasaan tikdak nyaman.
Ukhuwah merupakan anugrah allah yang tidak terhingga  dan kenikmatan yang tidak dapat di ukur oleh materi. Sekali pun seluruh manusia berusaha untuk mengumpulkan harta mereka, namun itu semua tidak dapat di gunakan untuk membeli ukhuwah. Karena ukhuwah tumbuh dan lahir dari cahaya keimanan. Allah swt berfirman:
Penerapan sikap ukhuwah bisa di mulai dengan menhjauhkan diri dari perselisihan, pertikaian, dan permusuhan, apalagi tawuran terhadap sesama teman. Umat islam wajib untuk memperbanyak dan mempererat tali persaudaraan, caranya adalah saling mengelnal, saling mengerti, saling mendoakan, saling memberi senyuman dan salam ketika bertemu atau berpisah, dan saling memberi hadiah. Sikap ukhuwah ( persaudaraan ) seperti ini akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa, antara lain: diampuni dosa dosanya, dicintai oleh allah, siberi naungan oleh allah, dan ketentraman jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar